PERUBAHAN SOSIAL DI DESA JOHOGUNUNG PADA MASA PANDEMI COVID 19


    Nama saya NAILI SA'ADATIRROHMAH, saya salah satu siswi di sma 1 pamotan, tempat tinggal saya yaitu didesa Johogunung Rt.01 Rw.01 kec. Pancur kab. Rembang.
Sejak datangnya pandemi covid-19 ini ,indonesia diberi ujian yang sangat berat, terutama para garda terdepan yaitu relawan medis merasa kewalahan karena melonjaknya pasien tahun ini.Sebagian daerah memberlakukan karantina wilayah atau PSBB. Progam ini dilakukan supaya menekan penularan wabah virus ini di indonesia.Seperti halnya penyemprotan disinfektan dan penyediaan tempat cuci tangan . Didesa saya sudah melakukan  pencegahan penularan covid 19 upaya sudah dilakukan dengan baik. Dari penyemptotan disinfektan,penyediaan tempat cuci tangan,jaga jarak ketika terpaksa berkumpul atau ada acara tertentu dan wajib menggunakan masker.
    Suasana didesa johogunung kini lumayan ketar. Progam progam yang diterapkan, sudah dipatuhi oleh masyarakat. Sikapdan tindakan warga desa dalam rangka pencegahan covid 19 yaitu seperti berikut:
-melakukan koordinasi dengan dukuh,Rt,kader kesehatan dan tokoh masyarakat agar segera melaporkan warga masyarakat sekitar yang akan berdomisili di wilayah desa johogunung yabg pernah mempunyai ruwayat perjalanan ke luar negeri atau kota yang terjangkit virus covid 19.
-melakukan pendataan melalui forum yang telah disediakan dan dientri dalam menu covid 19 dalam sistem informasi desa.
-berkooardinasi dengan kader kesehatan dan puskesmas terhadap penduduk yang telah didata.
-melaporkan dan mengkoordinasi berbagai hal berkaitan dengan penanganan covid 19 dengan kecamatan dan puskesmas.
-selalu berkoordinasi dengan pemerintah maupun elemen masyarkat dalam rangka penyebaran covid 19.
    Didesa saya setiap selesai sholat, masyarakat sudah tidak ada yang bersalam salaman karena mereka sudah antisipasi dan juga setiap ada orang yang meninggal, seperti tradisi masyarakat lainnya, sekarang orang orang yang ngelayat diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak,dan cuci tangan . Kegiatan rutin yaitu tahlilan selama 7 hari juga harus menaati protokoler kesehatan. Sebagian besar masyarakat desa saya bermata pencaharian sebagai petani,tukang sayur keliling,tukang kayu,tulang batu,wirausaha,pegawai sipil,kuli, dll juga harus wajib menaati peraturan kesehatan.
Progam selanjutnya terkait dengan informasi  yang beredar dimedsos perihal dana desa dapat digunakan untuk bantuan langsung tunai (BLT) yaitu:
-Pemerintah desa masih menunggu regulasi pemerintah daerah perihal teknis pelaksanaannya dan akan mengkajinya agar tidak memunculkan polemik atau peemasalahan baru.
-Warga masyarakat agar tetap teenang dalam menyikapi informasi tersebut untuk tidak menyebarkan berita hoax yang tidak utuh sehingga menimbulkan kegaduhan.
-Kriteria keluarga miskin calon pemerima manfaat telah diatur dalam surat edaran desa PDTT dimana penerima dimana selain bukan penerima PKH/BPNT/Kartu Prakerja, harus memenuhi kriteria yang ditentukan.
-Dengan persyaratan yg telah ditetapkan pemerintah desa terus melakukan pengkajian selain agar tepar dalam mengambil kebijakan dan tidak memunculkan permasalahan baru,rangkaian proses dan prosedur agar tidak bertentangan dengan peraturan oerundang undangan serta dapat dipertanggung jawabkan.
    Strategi adaptasi kebiasaan baru yang dimaksud adalah sebuah respon masyarakat terhadap perubahan perilaku kesehatan untuk tetap disipliin menggunakan protokol kesehatan. Seperti didesa saya sudah mulai memproduksu air minum sendiri, sudah dilengkapi alat alat untuk mengolah air tersebut dan sudah diadakan  pengujian air tersebut oleh pihak yang terkait. Sekarang masyarakat desa sudah tidak usah  membeli air mineral dari luar desa. Harganya pun tetjangkau,yaitu 6.000 per galon. Air mineral itupun sudah diperjual belikan secara legal, jadi masyarkat akan semakin semakin praktis ,karena bisaa melihat langsung prosesnya dan tetap sosial distancing.
Sekaian dari saya apabila ada kata kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang senersar besarnya.

               PENILAIAN HARIAN SOSIOLOGI
  
NAMA: NAILI SA'ADATIRROHMAH No:22 Kelas: XII IPS 5
Email: nailisaja344@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SILSILAH KELUARGA SUTIKNO

BOTHOK TERI KHAS KELUARGAKU